Membuat DNS WEB Sederhana


Salam sahabat  warungblogid. Sudah lama saya tidak posting tentang jaringan atau network komputer kali ini saya akan membahas sebuah DNS dan akan membangun DNS website , mungkin para ahli web sangat membutuhkan DNS untuk keperluan yang sangat penting dan menyimpan web nya disebuah komputer server agar para user dapat mengakses web tersebut di dunia maya ataupun seering disebut internet ,mungkin ini hanya sebagai pembelajaran sederhana bagaimana kita dengan mudah nya untuk membuat DNS server web

Dalam uji cobanya saya menggunakan OS Debian server yang di dalam nya hanaya scrip berlayar hitam. Berikut tutorial yang saya berikan mari disimak.

Membuat DNS alamat WEB ,berikut langkah-langkahnya !

Nama web yang akan dibangun “ www.desanto.com “ ip address “192.168.171.136

Pertama kita Merubah ip address dan gateway di komputer server ,dan untuk mengeceknya anda tinggal ketik  ifconfig maka akan muncul ip address yang sedang berjalan.



Sebelum kita memulai membuat DNS ,pertama harus menginstall bind9 ,ketikan perintah berikut
apt-get Install bind9




Lalu anda harus merubah named yaitu dengan perintah pico /etc/bind/named.conf ingat anda harus mengeditnya yang pilihan paling bawah.



Dan kedua anda harus merubah alamat db.local ,dengan cara buka alamat pico /etc/bind/db.local ,dan edit seperti gambar dibwah yang sudah dilingkari.


Dan berikutnya anda juga harus mengedit file db.127 ketikan perintah  pico /etc/bind/db.127 ,edit seperti gambar yang sudah di lingkari






Dan berikutnya anda harus merubah ( DNS ) sama dengan ip address komputer anda harus sama. Saya menggunakan 192.168.171.136 ,ketikan perintah pico /etc/resolv.conf




Lalu restart dengan mengetikan perintah  pico /etc/init.d/bind9 restart




Anda juga bisa langsung mengecek dns web apakah sudah berjalan apa belum dengan mengetikan perintah  nslookup desanto.com




Dan yang terakhit melakukan cek melalui ping desanto.com



Sudah selesai dan DNS web berhasil dibuat dan berjalan dengan baik.

Bagaimana tertarik anda untuk mencobanya  ? jangan berheti belajar dan membaca. Terimakasih anda sudah membaca blog ini bila ada yang ingin berkomentar silahkan saya tunggu komentar dari anda.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.