Konfigurasi 2 Router CISCO Dengan Packet Tracer

Salam sahabat Warungblogid. Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengkonfigurasikan 2 router yang sama ? dan berada dalam ruangan yang berbeda sehingga dapat di bentuk LAN (Local Area Network ) atau juga antar 2 gedung MAN (Metropolitan Area Network),tidak lama lama langsung saja kita praktekan di sini.

Di sini saya menggunakan software Packet Tracer 5.3 , bila belum punya silahkan anda download terlebih dahulu. Bila anda sudah mempunyai software nya maka silahkan di uji coba.

Saya akan merubah konfigurasi router dengan CLI dan menggunakan DHCP. Berikut gambar nya dan anda melihat dan mengikutinya seperti di gambar.


 
Bisa di lihat di situ ada alamat fa dan ip nya. sedikit saya contohkan saja satu konfigurasi pada router 1 ke router 2.

Router 1 yaitu fa 1/0 192.168.10.254 /24 ,berikut konfiguras di CLI nya.
Router>enable
Router#configure terminal
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Router(config)#interface fa 1/0
Router(config-if)#no shutdown

Router(config-if)#ip address 192.168.10.254  255.255.255.0
Router(config-if)#ip dhcp pool A
Router(dhcp-config)#default-router 192.168.10.254
Router(dhcp-config)#network 192.168.10.254 255.255.255.0
Router(dhcp-config)#end
write
exit

Router 2 yaitu fa 1/0 172.16.40.254 /16 ,berikut konfiguras di CLI nya.

Router>enable
Router#configure terminal
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Router(config)#interface fa 1/0
Router(config-if)#no shutdown

Router(config-if)#ip address 172.16.40.254 255.255.255.240
Router(config-if)#ip dhcp pool A
Router(dhcp-config)#default-router 172.16.40.254
Router(dhcp-config)#network 172.16.40.254 255.255.255.240
Router(dhcp-config)#end
write
exit

dan konfigurasi router ke clien hampir sama ,dengan cara nya di atas. Kalo saya menggunakan DHCP agar lebih mudah dan bisa langsung di terima oleh komputer clien ,tanpa harus di setting kembali.

Mohon maaf bila tulisan saya kurang beli lengkap ,mungkin anda bisa cari referensi lain nya. semoga bermanfaat artikel ini untuk anda yang sedang belajar, saya yakin setelah anda melihat gambar di atas anda bisa mengimajinasikan kembali tanpa bantuan atau tutorial ,dengan anda mencoba-coba pasti ketemu solusinya. 

Bila ada keritik dan saran ,langsung saja komentar di bawah ,agar saya bisa tau kekurangan saya ada d mana,terimakasih anda telah membaca artikel warungblogid.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.