Menurunkan Suhu Laptop dengan FAN dan software Open Hardware Monitor


Salam sahabat warungblogid. Hari ini saya sengaja ber experiment dengan sebuah kipas atau FAN yang sangat berguna untuk menurunkan suhu prosessor pada laptop ataupun netbook.  Kali ini saya akan memberikan tips untuk mengetahui cara kerja pada FAN dan juga menggunakan menggunakan sebuah software OHM (Open Hardware Monitor ) yang berfungsi untuk kita dapat mengetahui suhu prosessor berkurang atau bertambah. Sedikit penjelasan dari FAN dan software ini, sedikit berbasa-basi mari kita simak berikut ini :

O suhu normal sekitar 40an-50an derajat celcius (ngetik/mp3/film/browsing)
O  suhu normal sekitar 50an-70an derajat celcius (main game/buka banyak program)
O   suhu tidak NORMAL kalo cuma buka program ringan udah sering diatas 60 derajat celcius

Kita lihat disini, saya menggunakan FAN /kipas dengan tegangan 12 volt lalu di dekatkan pada fentilasi udara pada laptop atau netbook ,sehingga angin dari kipas bisa masuk ke lubang-lubang udara yang akan mendinginkan prosessor dan juga HDD.



 
Mudahkan untuk membuatnya, anda juga bisa mendapatkan FAN/kipas 12 volt ini dengan mudah ,anda dapat membelinya di tempat toko elektronik terdekat di kota anda.

Dan saya juga menggunakan bantuan software Open Hardware Monitor yang membantu kita agar mengetahui suhu prosessor ataupun HDD yang sedang berjalan di laptop anda. Seperti gambar dibawah ini.

 
Yang terlihat gambar diatas menununjukan berapa celcius suhu pada prosessor laptop dapat terbaca , kita dapat mengetahui suhu tersebut berkurang atau bertambah sesuai kegunaan anda membuaka aplikasi ringan atau yang berat seperti game.

Dalam hal ini FAN membantu menurunkan suhu hingga 10 derajat celcius, sangat bagus bukan?

Software ini juga anda bisa download gratis, tapi masih berbentuk beta. Bagi saya tidak masalah software ini juga tidak begitu berat untuk di install di laptop. Size software ini sekitar 359 Kb.


Terimakasih anda telah membaca artikel ini semoga bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk komentar nya dibawah ini. Sehingga saya dapat memperbaiki tulisan saya agar lebih bagus lagi kedepannya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.