Kebiasaan Orang Malu Bertanya


Salam sahabat warungblogid. Setiap orang pasti ada saja yang mempunyai sifat malu bertanya termasuk saya juga sih hehe. Tidak dipungkiri sekitar 90% orang orang malas untuk bertanya. Contoh kecilnya saja , masih ingatkah anda ketika masih sekolah dulu ataupun anda yang masih sekolah atau kuliah sekarang, sering sekali bila seorang guru ataupun dosen sedang mengajar didepan kelas dan menulis dipapan tulis menerangkan pelajarannya dengan penuh serius, setelah guru itu selesai membahas biasanya guru atau dosen akan memberikan kesempatan pada muridnya untuk bertanya kepada guru. Percaya atau tidak yang pasti sudah banyak sekali para murid yang tidak mau menanyakan kembali pada gurunya, terlihat para murid sudah paham apa yang sudah dijelaskan pada guru.  Dan ketika murid dilontarkan soal soal ,apa yang terjadi ? para murid pun kesulitan untuk mengerjakan soal dari gurunya.

Cerita diatas adalah sebagian kecil kebiasaan dari kita semua yang sangat sering dilakukan, prilaku ini sebenarnya tidak boleh diterapkan hingga terus menerus nantinya akan menjadi kebiasaan dan nantinya juga akan ditiru kepada anak anak kecil yang akan beranjak dewasa. 


Ada satu pengalaman pribadi saya yaitu ketika ada seseorang yang sedang naik bus jurusan bekasi, ketika baru separuh jalan bus ini ingin mengambil jalan pintas alasannya karena ingin menghindari macet dijalan utama , pria ini kelihatan bingung karena dia tidak biasa untuk melewati jalan pintas ini, karena dia sedikit panik dan pria itupun langsung turun dari bus tersebut. Salahnya dia ada dimana? Kesalahannya adalah pria ini tidak bertanya dahulu kepada supir ataupun orang yang ada disekitarnya. Itulah pengalaman yang saya lihat pada pria tersebut.

Untuk mencegah hal itu terjadi maka saran saya adalah jangan malu untuk bertanya kepada semua orang yang ada disekitar kita, mengapa? Karena orang yang berada di dekat kita juga padahal orang itu baik maksudnya baik dalam hal menolong. Terimakasih yang telah membaca artikel warungblog ini semoga bermanfaat.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.